Registrasi

Form Registrasi
id $id_camber"?>
Username
Password
>
$msg1

Kamis, 19 Mei 2011

Baik Pada Orang Lain

Posted by www.hsanpulut.com on 20.55 | No comments

Saudara, menjadi baik di mata orang lain harus lah benar-benar sesuai dengan sudut pandang orang lain.  Jangan terjebak dengan sudut pandang kita sendiri.  Jangan memberi emas pada orang yang butuh cangkul.  Jangan memberi cangkul pada orang yang butuh buku.  Jangan memberi buku pada orang yang butuh makan.

Maka ketika kita mau baik di mata orang lain:

    *  Jadilah setia pada yang tidak ada.

Sangat mudah menyerang dan membicarakan keburukan orang yang tidak ada.  Mereka tidak bisa membela diri.  Karena itu, siapapun yang tak setia pada yang tidak ada, sesungguhnya mereka adalah orang lemah yang tak punya kekuatan apa-apa.  Saudara, jangan pernah membicarakan keburukan siapapun.  Teman-teman anda akan berpikir: “Dia membicarakan si Fulan yang tidak ada.  Jangan-jangan, dia juga membicarakan keburukanku waktu aku tidak ada”.  Bila sudah begini, orang lain tak akan percaya lagi pada anda. 

    * Tanyakan : “Apa yang bisa saya bantu?”

Sangat mungkin orang lain butuh bantuan.  Tapi mereka sungkan memintanya.  Maka pertanyaan emas ini benar-benar menunjukkan kesediaan anda untuk membantu orang lain.  Dan, karena anda bisa membantu, maka anda sedang menambah tabungan kebaikan pada sesama.   Bertanya seperti ini saja sudah menunjukkan kualitas anda.   Apalagi bila anda benar-benar membantu dengan kualitas yang terbaik.

    * Sensitif pada kebutuhan orang lain.

Mulailah dari hal-hal yang kecil.  Mengambil minum bagi teman yang sedang makan.  Membawakan barang bawaan teman yang terlalu berat dan banyak.  Menyampaikan pesan.  Memberi tumpangan pulang.  Meng-SMS teman dan menanyakan kabar.

Lalu meningkat ke hal-hal yang lebih besar.  Menawarkan pinjaman uang pada teman yang kesusahan.  Menyiapkan waktu bagi teman yang butuh curhat.  Menengok teman yang sakit. Membantu persiapan pernikahan teman.  Dan sebagainya.

[top]

0 komentar:

Posting Komentar